Cara Membuka Aplikasi Microsoft Word

Cara Membuka Aplikasi Microsoft Word -  Halo, teman-teman! Kali ini kita akan bahas tentang cara membuka aplikasi Microsoft Word, ya. Pastinya kalian udah gak asing lagi sama Microsoft Word, kan? Aplikasi ini jadi salah satu yang paling sering digunakan untuk menulis dokumen di komputer. Jadi, yuk kita simak langkah-langkahnya!



1. Menemukan Ikona Microsoft Word

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menemukan ikona Microsoft Word di komputer kita. Biasanya ikona ini berupa tanda "W" berwarna biru. Kalau sudah ketemu, tinggal klik dua kali pada ikona tersebut untuk membuka aplikasi Microsoft Word.

2. Mencari Aplikasi Melalui Menu Start

Alternatif lainnya adalah dengan mencari aplikasi Microsoft Word melalui menu Start. Caranya, kita tinggal klik tombol Start di pojok kiri bawah layar, terus ketik "Microsoft Word" di kolom pencarian. Nanti akan muncul ikona Microsoft Word di daftar hasil pencarian, tinggal klik ikon tersebut untuk membuka aplikasinya.

3. Membuka File Terakhir yang Digunakan

Kalau kamu sering menggunakan dokumen yang sama, kamu bisa membuka file terakhir yang digunakan langsung dari aplikasi Microsoft Word. Setelah membuka aplikasi, biasanya akan muncul daftar file-file terakhir yang kamu akses. Tinggal klik file yang ingin kamu buka, dan voila, dokumenmu sudah muncul di layar!

4. Menggunakan Shortcut Keyboard

Bagi yang suka menggunakan shortcut keyboard, ada beberapa kombinasi tombol yang bisa langsung membuka aplikasi Microsoft Word. Contohnya, kamu bisa menekan tombol "Windows" + "R" untuk membuka "Run", lalu ketik "winword" di kotak dialog dan tekan Enter. Ini akan langsung membuka Microsoft Word dengan cepat!

5. Membuka Melalui File Explorer

Selain itu, kita juga bisa membuka aplikasi Microsoft Word melalui File Explorer. Caranya, buka File Explorer terlebih dahulu, lalu cari file dokumen dengan ekstensi ".docx" atau ".doc". Setelah menemukan file yang ingin kamu buka, tinggal klik dua kali pada file tersebut, dan otomatis aplikasi Microsoft Word akan terbuka dengan file dokumen yang kamu pilih.

6. Membuka Melalui Office Suite

Kalau kamu punya Office Suite seperti Microsoft Office, biasanya aplikasi Microsoft Word sudah terintegrasi di dalamnya. Jadi, tinggal buka Office Suite yang kamu punya, cari ikona Microsoft Word di dalamnya, dan klik ikona tersebut untuk membuka aplikasinya.

7. Membuka Aplikasi dari Taskbar

Terakhir, cara yang paling cepat dan mudah adalah dengan menjaga ikona Microsoft Word tetap ada di taskbar. Ketika kamu ingin membuka aplikasi, tinggal klik ikona Microsoft Word yang ada di taskbar, dan aplikasinya akan langsung terbuka tanpa perlu mencari-cari lagi.

8. Menggunakan Pencarian Windows

Cara lain yang bisa kita gunakan untuk membuka aplikasi Microsoft Word adalah melalui fitur Pencarian di Windows. Kamu tinggal klik tombol Start dan ketik "Microsoft Word" di kotak pencarian. Nanti akan muncul hasil pencarian yang berhubungan dengan Microsoft Word, termasuk ikon aplikasinya. Tinggal klik ikon tersebut untuk membuka aplikasi Word.

9. Menggunakan Start Menu

Start Menu juga bisa menjadi cara praktis untuk membuka Microsoft Word. Kamu tinggal klik tombol Start di pojok kiri bawah layar, lalu cari folder "Microsoft Office". Setelah menemukannya, klik untuk membukanya, dan di dalam folder tersebut, kamu akan menemukan ikon Microsoft Word. Klik ikon tersebut untuk membuka aplikasi Word.

10. Membuat Shortcut di Desktop

Jika kamu sering menggunakan Microsoft Word, kamu bisa membuat shortcut di desktop agar lebih mudah mengaksesnya. Caranya, klik kanan di area kosong di desktop, pilih "New", lalu pilih "Shortcut". Setelah itu, akan muncul kotak dialog "Create Shortcut".

Ketik "winword" di kolom lokasi, klik "Next", beri nama shortcut sesuai keinginanmu, dan klik "Finish". Sekarang, tinggal klik shortcut tersebut di desktop, dan Microsoft Word akan terbuka.

11. Menggunakan Start Run

Untuk yang suka menggunakan perintah "Run" di Windows, kamu juga bisa membuka Microsoft Word melalui sana. Tekan tombol "Windows" + "R" untuk membuka jendela "Run", ketik "winword" di kolom Open, dan klik "OK" atau tekan Enter. Dengan begitu, aplikasi Microsoft Word akan terbuka dengan cepat.

12. Melalui Menu Konteks

Cara lain yang praktis adalah dengan menggunakan menu konteks. Kamu tinggal klik kanan di area kosong di desktop atau di folder, lalu pilih "New" dan pilih "Microsoft Word Document". Dengan langkah ini, akan langsung terbuka aplikasi Microsoft Word dengan dokumen baru yang siap untuk diedit.

13. Membuka dengan Menggunakan Cortana

Bagi pengguna Windows yang memiliki asisten virtual Cortana, kamu bisa membuka Microsoft Word dengan mengajaknya. Aktifkan Cortana, lalu katakan "Buka Microsoft Word" atau "Hey Cortana, buka Microsoft Word". Cortana akan membuka aplikasi Word untukmu dengan cepat dan mudah.

14. Melalui Task Manager

Jika semua cara di atas tidak berhasil, kamu bisa mencoba membuka Microsoft Word melalui Task Manager. Tekan tombol "Ctrl" + "Shift" + "Esc" untuk membuka Task Manager.

Di jendela Task Manager, pilih tab "Processes" atau "Proses" (tergantung versi Windows yang kamu gunakan). Cari proses "WINWORD.EXE" di daftar, klik kanan, lalu pilih "Open File Location". Dengan begitu, kamu akan langsung diarahkan ke lokasi aplikasi Microsoft Word di komputermu.

15. Membuka Aplikasi dari Menu Aplikasi

Terakhir, jika kamu menggunakan Windows 10, kamu bisa membuka Microsoft Word melalui menu aplikasi. Klik tombol Start, lalu klik ikon "All Apps" (berbentuk tanda panah ke bawah) di pojok kiri bawah layar.

Akan muncul daftar semua aplikasi yang terpasang di komputermu. Gulir ke bawah hingga menemukan folder "Microsoft Office", lalu klik untuk membukanya. Di dalam folder tersebut, kamu akan menemukan ikon Microsoft Word. Klik ikon tersebut untuk membuka aplikasi Word.

Nah, sobat mikirpedia.com itulah 15 cara yang bisa kamu coba untuk membuka aplikasi Microsoft Word dengan mudah. Kamu bisa pilih cara yang paling sesuai dengan preferensimu. Sekarang, gak perlu bingung lagi deh ketika ingin menulis dokumen menggunakan Microsoft Word. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post