Apa itu safe deposit box ?




Dalam situasi saat ini, banyak tempat aman untuk menyimpan barang berharga, meskipun bencana alam masih aman, salah satunya dapat menggunakan layanan SDB di sini, kami telah menyediakan kotak sewa untuk barang-barang berharga / dokumen yang kami miliki, seperti sertifikat, perhiasan, barang berharga. logam, saham, obligasi dan lain-lain, memang ini dirancang khusus untuk terbuat dari baja dan kemudian ditempatkan di ruang yang sangat kokoh sehingga dapat menghindari bahaya kebakaran, pencurian dan lain-lain, hal ini memang dilakukan untuk menjaga rasa aman . terhadap penggunaan apapun dan bebas dari rasa takut atau pikiran.

Tentunya untuk barang yang disimpan di SDB nilainya sangat tinggi dimana pemiliknya tidak merasa aman jika barang tersebut disimpan di rumah, untuk brankas biasanya berada di bank lokal atau internasional, kantor pos atau lembaga lainnya. , setiap pelanggan yang telah menggunakan layanan ini dikenakan tarif tahunan kepada penyedia layanan, pembukaan kotak ini hanya dapat dilakukan oleh satu orang karena kombinasi tombol khusus dan tanda tangan pemilik barang yang sah, di beberapa bank, bahkan banyak bank, telah menerapkan fasilitas keamanan cek biometrik yang dilengkapi dengan prosedur keamanan konvensional.

Kebijakan sewa safe deposit box

Jika Anda tertarik menggunakan layanan ini, ada beberapa langkah yang harus dilakukan, antara lain:

  • Untuk bank sebaiknya mulai dengan membuka rekening tabungan dimana saja, hampir semua bank di Indonesia bisa mulai di BNI, BCA, BRI dan lain-lain.
  • melengkapi formulir identitas diri sesuai KTP dan melampirkan foto identitas diri secara lengkap
  •  beli perangko dan bayar sewa SDB per tahun dengan ukuran minimal yang diinginkan untuk kepala, kecil 3x5x24 dan terbesar 48x30x24, sebenarnya semuanya bisa diatur sesuai keinginan.
  • melakukan pembayaran administrasi dan biaya penjaminan berdasarkan ketentuan bank sendiri yang tertulis dalam surat kontrak dan setelah semuanya selesai, langkah terakhir adalah menyerahkan kunci atau kartu akses ke bank agar Anda dapat memasuki kamar yang kami sewa untuk jangka waktu tertentu.



Cara membuka brankas bisa dilakukan jika sudah menjadi klien resmi dan waktunya bisa dilakukan sesuai keinginan, yang utama jangan libur kerja, untuk prosedur selanjutnya.

  • datang saja ke lokasi sewa layanan, tunjukkan identitas Anda kepada petugas khusus yang menangani layanan SDB.
  • biasanya nanti petugas akan mengantar anda langsung ke ruang penyimpanan, setelah itu petugas akan meninggalkan anda sendiri agar anda bisa mengambil atau menempatkan aset secara gratis, karena tujuan dari SDB adalah untuk menjaga privasi setiap pelanggan agar tidak ada orang lain yang bisa mendengarnya. 

Untuk keuntungan yang bisa kita dapatkan saat menggunakan layanan SDB sebagai berikut, yang memberikan perlindungan dan keamanan serta kerahasiaan barang yang disimpan oleh pelanggan, ruang penyimpanannya didukung oleh sistem keamanan yang canggih, sehingga sulit untuk diganggu karena 24 jam. perlindungan tanpa henti jika terjadi bahaya, alarm cerdas muncul secara otomatis, dan tidak terlalu mahal dari segi harga. Sekitar Rp. 1,5 juta - 2 juta per tahun adalah untuk kategori standar karena setiap tipe memiliki harga yang bervariasi sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan layanan brankas safe deposit box meliputi:

Pihak bank tidak bertanggung jawab jika terjadi perubahan kuantitas dan kualitas, kehilangan, kerusakan barang yang disebabkan oleh force majeure seperti gempa bumi, banjir, perang, semua ini bukan kesalahan Bank, sedangkan barang bukan berupa senjata api atau bahan peledak yang sifatnya berbahaya sangat dilarang.

Harus kita pahami bersama bahwa sistem tentu membawa risiko untuk layanan SDB ini, yang sebagian besar bersifat umum yaitu perubahan iuran atau simpanan dapat diubah sewaktu-waktu oleh bank, setelah itu akan diinformasikan hanya melalui cabang bank, website atau media lain yang masih dianggap tepat. namun tetap sesuai dengan ketentuan yang berlaku, selain itu barang yang kami simpan juga tidak dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), jadi apapun yang terjadi menjadi tanggung jawab masing-masing nasabah perorangan.

Keuntungan dari safe deposit box

  • Dalam hal keamanan, SDB lebih baik daripada menyimpannya di rumah dalam brankas kecil. SDB dijaga ketat oleh tim keamanan, juga box terbuat dari bahan yang kokoh, tahan api, gempa dan tahan banjir.
  • Sifatnya sangat fleksibel dalam menyimpan di SDB dapat disesuaikan dengan kebutuhan, durasi dan ukuran kota, serta biaya sewa dan kunci keamanan, ada juga beberapa pilihan ukuran kotak dan biaya sewa.
  • Minimalisirkan Kerugian dari Total Properti yang kita miliki apabila pada SDB namun kalo diluar sangat berpotensi kehilangan semua aset yang dimiliki 
  • Mudah disewa soalnya sangat sederhana cukup bagi seseorang atau badan untuk menjadi nasabah Bank.

Kekurangan safe deposit box

  • Hanya dapat diakses oleh orang-orang tertentu dengan demikian tidak dapat diakses oleh orang lain, seperti keluarga atau kerabat dekat, jika yang bersangkutan meninggal dunia atau membutuhkannya pada saat yang kritis.
  • Tidak bisa diambil setiap saat sehingga hanya bisa dibuka dan nasabah hanya bisa mengambil aset saat jam bank buka, jadi ada batasan waktu jika nasabah ingin mengambil aset sewaktu-waktu
  • Semakin besar SDB yang akan kita sewa maka akan semakin mahal harga sewa dan juga biaya keamanan atau jaminan kunci.
  • Kredit hanya dapat ditarik di bank, misalnya, tidak seperti aset yang disimpan dalam Rekening, di mana aset dapat ditarik setiap saat dan tidak harus datang ke Bank, aset di SDB harus ditransfer ke Bank tempat penyimpanan aset tersebut.



*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post